close

Salah satu 2 Produsen mobil terbesar didunia yakni Daihatsu dan Toyota berkolaborasi untuk menciptakan kendaraan roda empat berkonsep mesin bermotor hemat dengsn harga yanng terjangkau low cost green car. Daihatsu meluncurkan nama Sigra dan sodara nya Toyota melahirkan Mobil Calya di Daihatsu Assembly Point.

Harga terendah untuk Sigra dibanderol Rp109 juta dan tertinggi di Rp149 juta, sedangkan Harga Mobil Calya dibanderol dengan harga terendah Rp129 jutaan dan harga tertinggi di Rp150 juta. Pihak pabrikan enggan menyebut harga kedua mobil ini dianggap terlalu mahal, sebagai pelaku bisnis, pihaknya masih berpegang pada Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

"kedua kendaraan roda empat ini adalah entry level bagi mereka dan menjadi mobil baru pertama mereka. Perhitungan mereka adalah ditujukan untuk orang yang berpenghasilan Rp8-10 juta per bulan. Ingat ya, penghasilan bukan gaji," kata Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor Hendrayadi Lastyoso dalam peluncuran mobil Calya dan Sigra di Karawang, Jawa Barat,Dengan pendapatan seperti yang dikatakan Hendrayadi kelas menengah dianggap belum mencapai tingkat kemampuan memiliki sebuah mobil bahkan dengan konsep 'mobil murah' sekalipun. Jika merujuk data dari Kementerian Keuangan, di Indonesia kelas menengah adalah seseorang yang termasuk dalam kategori dengan rentang penghasilan antara Rp 2,6 juta sampai Rp 6 juta. Boston Consulting Group (BCG) menyatakan bahwa pada 2014 kelas menengah Indonesia berjumlah 74 juta orang.Bagaimana aturan LGCG menurut aturan dari Kementerian Perindustrian? Dalam Permenperin 33/2013 disebutkan, industri otomotif yang ingin memproduksi mobil LCGC harus memenuhi berbagai ketentuan, di antaranya mengenai ketentuan konsumsi bahan bakar kendaraan.

Ketentuannya ditetapkan untuk motor bakar cetus api kapasitas isi silinder 980-1200 cc dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara, dan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara. Ketentuan jenis BBM, jua harus memenuhi spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel.

arrow
arrow
    全站熱搜

    Agatha 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()